peluang usaha percetakan

Bab I Pendahuluan

Kewirausahaan pertama kali muncul pada abad 18 diawali dengan penemuan-penemuanbaru seperti mesin uap, mesin pemintal, dll. Tujuan utama mereka adalah pertumbuhandan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Keuntungan dan kekayaanbukan tujuan utama.Secara sederhana arti wirausahawan ( entrepreneur ) adalah orang yang berjiwa beranimengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan Berjiwa beranimengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputirasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. (Kasmir, 2007 : 18).Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuandengan titik berat perhatian atau penekanan yang berbeda-beda, diantaranya adalahpenciptaan organisasi baru (Gartner, 1988), menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru(Schumpeter, 1934), ekplorasi berbagai peluang (Kirzner, 1973), menghadapiketidakpastian (Knight, 1921), dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi(Say, 1803). Beberapa definisi tentang kewirausahaan tersebut diantaranya adalahsebagai berikut:

Richard Cantillon (1775)

Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment ). Seorangwirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya padamasa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebihmenekankan pada bagaimana seseorang menghadapi resiko atau ketidakpastian

Jean Baptista Say (1816)

Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksidan menemukan nilai dari produksinya.

Frank Knight (1921)

Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar.Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapiketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan danpengawasan

Joseph Schumpeter (1934)

Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi barutersebut bisa dalam bentuk (1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitasbaru, (2) memperkenalkan metoda produksi baru, (3) membuka pasar yang baru(new market), (4) Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponenbaru, atau (5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpetermengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteksbisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya

Bab II Pembahasan

Manfaatkan Komputer & Printer Sebagai Mesin Pencetak Uang !!!
Dengan Membuka Usaha Studio Photo Mini

A. Peluang Usaha

Peluang usaha memang selalu ada. Contohnya dengan makin maraknya HP berkamera yang dijual dengan harga murah, menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, seperti dengan membuka Studio Photo kecil-kecilan. Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi disain, huruf dsb sehingga dapat lebih menarik lagi.Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”.


Sayangnya investasi mesin cetak, konvensional maupun digital sangatlah mahal, berkisar ratusan juta hingga milyaran rupiah. Dengan investasi yang sangat besar, tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama bagi anda untuk mencapai break event point (kembali modal). Belum lagi faktor lain seperti service, perawatan & spare parts mesin yang tidaklah murah.


Dalam blog ini, saya ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang ingin memulai usaha dengan modal yang sangat kecil, karena mungkin sebagian alat sudah tersedia di rumah dan kurang termanfaatkan secara maksimal, usaha studio photo mini ini mudah mudahan dapat menjadi pilihan alternative untuk memulai berwirausaha.


Saya sendiri awalnya coba-coba membuka usaha ini, tapi setelah 2 tahun berjalan, hasilnya lumayan. saya bisa mendapatkan keuntungan bersih 2 - 3 juta / bulan, usaha ini diberi nama GUN’S Photo Studio, Spesialis menawarkan paket photo hemat dan murah, yaitu di Photo+Cetak 2R hanya 1.000,- dengan trik seperti ini ternyata menarik banyak kalangan terutama konsumen menegah bawah, seperti anak-anak, remaja dan orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya, karena dengan harganya yang 1000 rupiah sangat murah. akan tetapi kenyataannya 1 orang konsumen minimal 4 - 6 x photo, ya mungkin karena murah tadi, “jadi mumpung harganya murah dan mumpung di studio” kata konsumen.


Selain menawarkan paket hemat photo 1.000 dan PAS PHOTO 5.000 langsung jadi , saya juga menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan spanduk nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha saya ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus dan lucu-lucu sehingga mereka lebih tertarik.


Untuk bisa memulai usaha ini tidaklah rumit, anda tinggal belajar sedikit mengoprasikan program photo editing, lalu memberikan vareasi frame pada photo yang akan dicetak.



B. ANALISIS PELUANG USAHA

INVESTASI AWAL
• 1 Set Komputer Core tu Duo 7400 + Monitor LCD Rp. 4.000.000,-
• Kamera Digital Poket CANON 12MegaPixel, Rp. 1.000.000,-
• Priter Photo EPSON R230X (sudah di infus), Rp. 1.700.000,-
• Alat Trasfer dari HP (Bluetooth, InfraRed, CardRider,dll), Rp. 100.000,-
• Meja Komputer dan Layar Background Rp. 400.000,-
• Biaya kursus atau Pelatihan Edit & Cetak Photo Rp. 800.000,-
Total Biaya INVESTASI Rp. 8.000.000,-

BIAYA OPERASIONAL / BULAN
• Tinta Printer 1 set (6 warna/100ml) Rp. 150.000,-
• Kertas Photo ukrn A4 300lbr Rp. 250.000,-
• Listrik Rp. 50.000,-
Total Biaya Operasional Rp. 450.000,-

PENDAPATAN / BULAN
1 lbr A4 = 12 lbr ukrn 2R / Dompet (ukrn 5,25 x 7 mm),
Harga Jual ukuran 2R Rp. 1.000
12 x Rp. 1.000 = Rp. 12.000,-
Jadi Kalo 1 hari bisa menjual 10 lbr A4 = Rp. 120.000/hari
30 hari x Rp. 120.000,- = Rp. 3.600.000,- / bulan

KEUNTUNGAN TIAP BULAN
Pendapatan Bulanan - Biaya Operasional
Rp. 3.600.000 - Rp. 450.000 = Rp. 3.150.000,-

LAMA KEMBALI MODAL
Biaya INVESTASI : Keuntungan bulanan
8.000.000 : 3.150.000 = 2,5 bulan

JUAL PAKET DVD & CD PELATIHAN USAHA STUDIO PHOTO MINI

Bagi rekan-rekan yang berminat membuka usaha cetak photo dan studio mini saya menawarkan paket belajar dvd pelatihan usaha studio photo mini, dimana dalam paket ini rekan-rekan akan diajarkan bagai mana mengedit dan mencetak photo dengan cepat, baik dan bagus. materi pembelajaran berupa file video dan audio berbahasa indonesia sehingga sangat mudah untuk dipelajari, juga tentu saja sudah dilengkapi dengan file-file pendukung untuk usaha ini.



C, KETERANGAN ISI DVD dan CD PELATIHAN USAHA

@Tutorial Adobe Cs2 berisi :
- File video & audio yang mengajarkan cara edit photo sederhana
- cara belajar cukup play lalu pause, ikutin langkahnya perlahan, lalu play lagi.
@Tutorial CorelDraw 11
- File video & audio yang mengajarkan cara memcetak foto ke
berbagai ukuran format foto, stiker foto, kalender, jam photo, dll.
- cara belajar cukup play lalu pause, ikutin langkahnya perlahan, lalu play lagi.

+ Backround Photo : kumpulan 825 file gambar untuk latar belakang untuk foto
+ Buat Promosi : kumpulan file2 corel siap cetak untuk promosi anda bisa di tempel-tempel di dinding toko atau dalam album
+ Dokumentasi : kumpulan foto-foto lokasi dan layout tempat studio mini
+ Frame Imut : kumpulan frame photo format corel
(lihat koleksinya di menu frame photo)
+ Frame Kalender : Kumpulan frame kalender 2012
+ Frame Kartu Nama : Kumpulan 225 file frame katru nama siap edit lengkap dengan format potong printing
+ Frame Label Nama : Kumpulan 280 frame stiker label nama anak lengkap dengan katalog siap print
+ Frame Paket Photo : Kumpulan frame Photo vareasi 3R
+ Frame Photo Adobe : Kumpulan 100 file frame photo format PNG yang bisa digunakan / diedit dengan adobe cs2 lengkap dengan katalog siap print
+ Kumpulan Font : Kumpulan ratusan huruf yang dapat di instal
dikomputer anda untuk menambah koleksi dan vareasi nama.
+ Kumpulan Gambar : kumpulan file gambar vektor untuk membuat kreasi berbagai frame yang akan anda buat.
+ Programe PhotoShine : Programe file foto otamaits
+ Programe Pendukung : file program instaler untuk memutar video turorial, driver bluetooth, reseter epson R230
+ Spanduk & Brosur : File Spanduk, benner, brosur untuk promosi, anda tinggal merubah nama dan harga, file coreldraw
+ Ukuran Photo : Halaman Kerja Cetak Photo, Kumpulan berbagai

PENUTUP

Sebagai mahluk yang tak luput dari segala kesalahan maka patut kiranya saya mengucapkan puji syukur atas rahmat dan karunia yang di berikan ALLAH SWT dalam memaparkan makalah kewirausahaan.

Untuk menyelesaikan makalah ini saya menguupayakan kerja keras, makalah yang berjudul peluang usaha percetakan fhoto tersebut dapat di selesaikan tepat waktu tetapi dalam hal ini saya juga mengucapkan banyak terimah kasih kepada pihak yang telah membatu saya dalam menyelesaikan makalah ini.

Di sadari bahwa dalam pemaparan makalah ini tak luput dari kekurangan olehnya itu demi kelengkapannya, saya membutuhkan saran maupun kritikan yang bersifat posotif demi kesuksesan pembuatan makalah saya dan kesempurnaan makalah yang saya buat.

Akhir kata saya ucapakan terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan semoga ALLAH SWT melimpahkan rahmat-NYA pada kita semua. Amin ya Rabbul Allamin........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KRIPIK SINGKONG

Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk

Download Photoshop 7.0